Melayani Tepung Premix Donat Enak Empuk Halal ala DKU sudah dipakai di Malaysia Brunei Singapore. Juga melayani kursus aneka kue ke seluruh Indonesia & luar negeri. Hubungi Rosidah Donat DKU PinBB: 27EFF200, Hp:0858-5035-8188 / 0852-5798-9119 / 0812-5281-1788/0819-1313-6088. Mohon Tidak Copy-Paste Isi Blog ini Tanpa Se-Izin dari Pemilik Blog Donat Kampung Utami - DKUDONUTS. Blog DKU Donuts ini selalu posisi No.1 versi Google Search Indonesia (google.co.id) untuk kata kunci "DONAT INDONESIA".

Monday, June 16, 2008

Aplikasi Tepung Mocal pada Donat Kampung

Minggu, 15 Juni 2008, saya kedatangan tamu kehormatan, Bapak Samsul Hadi, Presiden Direktur PeacBromo Indonesia yang juga President Business Development Services (BDS) Indonesia. PeacBromo sendiri adalah sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang konsultasi untuk pengembangan usaha kecil dan menengah, serta pengembangan potensi ekonomi lokal. PeacBromo didirikan oleh PT Jawa Pos, Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI), dan difasilitasi oleh SwissContact dan International Financial Corporation (IFC).


Fokus PeacBromo adalah pada upaya menciptakan peluang dan terobosan untuk pengembangan UKM dan ekonomi lokal Indonesia melalui sektor maupun produk industri baru yang inovatif. Kedatangan beliau di kedai Donat Kampoeng Utami, dalam rangka memastikan dan memberikan konsultasi aplikasi tepung Mocal pada donat kampung. Beliau menyampaikan pula bahwa untuk kue tertentu, tepung Mocal juga dapat mensubstitusi 100% menggantikan tepung terigu. Tepung Mocal adalah tepung masa depan Indonesia.


MOCAL (Modified Cassava Flour), adalah tepung terbuat dari ketela pohon atau singkong (cassava, Manihot Esculenta) yang diproses secara fermentasi oleh mikroba. Tepung Mocal yang berasal dari tanaman cassava ini sangat banyak ditanam di pedesaan Indonesia. Kini, turunan tepung cassava dengan nama Mocal, dapat digunakan sebagai bahan pengganti tepung terigu dan beras, serta dapat diaplikasikan pada berbagai jenis makanan kue dan bakery.


Dengan dukungan tepung Mocal dari PeacBromo, saya telah melakukan percobaan aplikasi tepung Mocal pada donat kampung dan brownies. Substitusi tepung Mocal 20% menggantikan terigu pada resep Donat Kampung Utami, hasilnya cukup memuaskan. Rasanya pun juga tak kalah dengan donat kampung yang menggunakan tepung terigu. Namun pada penggunaan Mocal, volume donat kampung menjadi lebih padat ketimbang aplikasi terigu. Sedangkan pada resep brownies Kampung Utami, saya menggunakan tepung Mocal pada takaran 50%. Hasilnya, soal rasa, brownies Mocal boleh disandingkan dengan brownies berbahan dasar terigu.


Percobaan aplikasi tepung Mocal ini adalah kali pertama di Jombang, Jawa Timur. Dalam rangka mendukung pemerintah Indonesia dalam pengembangan produk pangan non beras dan Program Ketahanan Pangan Nasional, untuk selanjutnya dengan bimbingan dan dukungan PeacBromo, Donat Kampung Utami akan ikut mempromosikan tepung Mocal melalui produk donat kampung. Mudah-mudahan juga, Pemerintah Kabupaten Jombang dapat memberikan dukungan kepada Donat Kampung Utami dalam upaya percontohan aplikasi tepung Mocal sebagai produk donat sehat berbahan baku lokal di kabupaten Jombang.

Google Search