Skip to main content

Dengan Merek DKU Donuts Indonesia, Rosidah Raup Ratusan Juta Rupiah Dari Bisnis Donat




Rosidah Widya Utami kini sukses menjadi produsen donat ternama di Jombang, Jawa Timur. Dipasarkan dengan brand Donat Kampung Utami (DKU Donuts Indonesia), produk donatnya dikenal luas hingga ke luar negeri. Omzetnya ratusan juta dalam sebulan. 


Berawal dari hobi membuat kue, Rosidah Widya Utami kini sukses mengembangkan bisnis pembuatan donat dengan brand Donat Kampung Utami (DKU). Omzetnya dalam sebulan mencapai ratusan juta. Selepas lulus kuliah Fakultas Administrasi Negara Universitas Brawijaya, Malang, Utami sempat bekerja sebagai tenaga administrasi. Namun, kecintaannya pada dunia masak-memasak mendorong Rosidah untuk membuka usaha sendiri. 


Di tahun 2001, Rosidah Widya Utami mulai membuka bisnis aneka masakan, termasuk kue. Modal awalnya hanya Rp 100.000. Setelah beberapa bulan berjalan, Rosidah terpikir untuk memfokuskan usahanya pada satu jenis makanan. Ia pun memilih donat dengan pertimbangan kue ini termasuk jajanan yang disukai semua kalangan. Sebagai jajanan kampung, saat itu donatnya dijual dengan harga Rp 500 per biji.  "Saya pilih donat karena banyak yang suka," katanya. 



Donat DKU Premium
Ia merintis usaha pembuatan donat dengan modal dan peralatan seadanya. Untuk mengaduk adonan donat, semisal, seharusnya memakai mixer ukuran besar. Namun, Rosidah memakai mixer biasa. "Peralatan saya sangat minim. Di bawah standar pabrik kue. Tapi itu tidak menyurutkan semangat saya," ujar Utami. Dibantu seorang pembantu, ia membuat ratusan donat saban hari dan menjajakan ke sekolah-sekolah. Agar produknya makin dikenal, Rosidah juga rajin mengikuti berbagai pameran wirausaha makanan. Setiap ada pameran di sekitar Jawa Timur, ia pasti ikut serta. Bukan cuma itu saja, Utami juga memasarkan donat buatannya yang diberi merek Donat Kampung Utami (DKU) lewat blog pribadi. Sehari-hari, Rosidah tak pernah lupa menuliskan setiap aktivitas seputar usaha donat yang ia geluti, di blog. Bahkan, rezeki mengalir deras berkat blog pribadi tersebut. 

Pada tahun 2008, ada investor Malaysia tertarik untuk membeli resep donat milik Utami. Bahkan, ia sampai diundang ke Malaysia. Sang investor Malaysia itu kemudian membuka gerai donat di Penang Malaysia dengan nama Nash Donut. Kini Nash Donut telah memiliki empat gerai yang berasal dari resep dasar Rosidah. Tiap bulan Nash masih membayar royalti pada Rosidah. Hasil dari penjualan resep plus pembayaran royalti itu cukup lumayan. Rosidah memanfaatkannya untuk mengembangkan usaha yang membuka gerai donat di Jombang. 




Tepung Premix Donat DKU Lebih Enak Lebih Lembut dari Donat Mall
Tepung Premix Donat DKU Super Premium
Pada 2009, Rosidah mulai membuka gerai donat bernama DKU Donuts and Coffee di Jombang. Selain resep, pengusaha asal Negeri Jiran itu juga membeli tepung donat dari Utami. Selama ini, ia memang memasarkan tepung donat ke kalangan umum tidak hanya ke pengusaha Malaysia itu. Harga jual tepung donat mulai Rp 50.000-Rp 200.000 per 1,5 kilogram (kg). Belajar dari mitranya di Malaysia itu, Rosidah sadar akan pentingnya peran marketing agar usahanya makin berkembang. Rosidah pun mulai membenahi sistem pemasaran dan operasional usahanya. "Melihat di Malaysia, donat saya bisa dipasarkan dengan baik, saya mulai fokus membenahi manajemen," ujar dia. Dengan membuka gerai donat, Rosidah juga ingin agar donat buatannya itu naik kelas sehingga lebih bergengsi. Kualitas donat produknya dinaikkan ke kelas premium dengan harga Rp 4.000 per buah (Tahun 2019 menjadi Rp 8.000 per buah). 

Logo dan kemasan donatnya pun ia buat dengan standar yang lebih baik. Utami juga membuat website sendiri, bahkan mengiklankan produknya secara berbayar via sejumlah media internet, seperti Google dan Facebook. Pelanggan donatnya terbesar di berbagai daerah di Pulau Jawa, Sumatra, hingga Kalimantan. "Selama ini, saya banyak kirim ke pelanggan di daerah-daerah," ujarnya. Sejak tahun 2008, beberapa negara, seperti Hong Kong, Malaysia, dan Singapura juga telah menjadi langganan tetap donat buatan Utami. Selain itu, ia juga memasarkan produk donat itu ke London dan Belanda. 


Selama 18 tahun mengendalikan usaha, telah banyak kemajuan yang dicapai. Bahkan, DKU telah menjelma sebuah grup usaha yang membidangi beberapa cabang usaha. Selain donat, Utami juga merambah usaha pembuatan aneka kue kering, kue tart, brownies, dan roti manis. Usaha ini dikelolanya di bawah bendera DKU Cookies. Pendapatan dari kue kering ini melonjak tajam saat Lebaran dan akhir tahun. "Lebaran tahun ini, omzet saya dari penjualan kue kering saja mencapai Rp 500 juta," ujar Utami.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com News tahun 2012 dengan judul "Dengan Donat Kampung Utami, Rosidah Raup Ratusan Juta" : 
 https://ekonomi.kompas.com/read/2012/09/06/10542738/dengan.donat.kampung.utami.rosidah.raup.ratusan.juta



Comments

Post a Comment

DKUDONUTS, Best Quality of Indonesia Donuts

Popular posts from this blog

Layak Tayang TransTV Jelang Siang, Reporter Poppy Pradana Liput Donat Kampung

Setelah berbagai media cetak dan tv nasional terus-terusan blow-up DKU, kini giliran kali kedua tembus TransTV. Donat Kampoeng Utami (DKU) di acara Jelang Siang, Rabu 18 Nopember 2009. Story tentang DKU, memang menggelitik banyak orang. Tak hanya cerita dari trotoar ke mancanegara; tetapi juga dari pena ke mata kamera . Pun akhirnya, reporter kesayangan pemirsa Jelang Siang Trans-TV, Poppy Pradana Putri  (foto:kanan) kunjungi kota Jombang, Jawa Timur, Kamis 5 Nopember 2009. Sudah lama diagendakan, kota Jombang akan menjadi obyek acara Jelang Siang Trans TV. Salah satu pilihannya jatuh pada Donat Kampoeng Utami. Ini adalah kali kedua DKU ditayangkan oleh TransTV. Kali pertama di acara Wisata Kuliner bersama Pak Bondan Mak Nyuss tahun lalu, 17 September 2008. Dalam acara jelang siang Rabu 18 Nopember 2009, story DKU dikemas tayang berdurasi 10 menit. Sungguh, ini durasi fantastis dan relative terlama sepanjang sejarah tayang DKU di televisi nasional. Ditayangkan lengkap, kisah perj

Donut Indonesia DKU Donat Rayakan Hari Ibu Nasional 22 Desember dengan Kue Tart Special

Donut Indonesia DKU Donat Rayakan Hari Ibu Nasional 22 Desember dengan Kue Tart Special . Kue Tart memperingati Hari Ibu Nasional 22 Desember 2020 lokasi terdekat Anda yaitu DkuBread KueTart Jombang . Cara Order Cake/ Donat/ Roti di kota Jombang, Jawa Timur silakan WhatsApp wa.me/6285850358188 . DKU Breadsoft Jombang Indonesia melayani cake ulang tahun (Ultah) karakter fondant siram cokelat. Harga kue mulai Rp 100 Ribu, Siap antar kota Jombang dan sekitarnya. Ribuan Foto kuer tart, donat, roti, aneka modern cake #DKU ada di Instagram IG @dkuBreadSoft dan @dkudonuts.jombang : www.instagram.com/dkubreadsoft dan www.instagram.com/dkudonuts.jombang Di Hari Ibu, donat DKU tetap menjadi favorit. Harga donat DKU terbaru di lokasi terdekat Anda. Paket donat besar dibandrol Rp 36 ribu per box isi 6 donat (1/2 lusin), atau Rp 70 ribu per 2 box isi 12 donat (1 lusin). Sedangkan harga paket donat mini Rp 30 ribu per 1 lusin. Harga 2 lusin donat DKU lebih hemat, cuma Rp 50 ribu. Info franchise w

Melayani Order Tepung Premix Donat Sangat Empuk, Roti, Brownies, Muffin, Sponge Cake, Swisse Roll, Lapis Surabaya, Topping Filling Taburan Donat ke seluruh Indonesia dan Luar Negeri

Tepung Premix Donat DKU Indonesia - Kualitas Rasa Donat Premium Pasti Enak Empuk Lembut Lezat. Melayani pengiriman tepung premix donat, roti, brownies, muffin, sponge cake, swiss roll, Lapis Surabaya, Topping Donat, Filling Donat ke seluruh Indonesia dan mancanegara. Tersedia 4 macam tingkatan kualitas rasa dan kelembutan, yaitu standar, medium, premium, platinum. Juga melayani kursus aneka kue, donat, roti, cake, tart, kue kering karakter. Bisa diundang ke seluruh Indonesia dan luar negeri . DKU Cooking Class , Hubungi Rosidah Donat DKU  WA :0858-5035-8188. Harga tepung premix donat DKU :  Tepung Premix DKU DONUT ST-MIX Standar : Rp 50.000/ pack Tepung Premix DKU DONUT MD-MIX Medium : Rp 75.000/ pack Tepung Premix DKU DONUT PR-MIX Premium : Rp 100.000/ pack Tepung Premix DKU DONUT PL-MIX Platinum : Rp 200.000/ pack. (NB: Beda harga berarti beda kualitas rasa, tekstur, & kelembutan). Harga Topping & Filling Donat DKU: Gula Dusting = Rp 30.000/ kg, Selai = Rp 40.00