Skip to main content

Media Cetak, Sempurnakan Segmen DKU


Ringin Contong, sebagai simbol ikon jantung kota Jombang ikut memberikan warna pada perkembangan DKU. Setiap pelanggan luar kota, selalu menanyakan pada saya. "Apakah DKU dekat dengan Ringin Contong"? Saya selalu menjawab bahwa DKU berjarak 100 meter ke arah barat dari Pabrik Gula Jombang Baru.


Pertengahan tahun 2007, saya pun mulai menyadari. Bahwa peran media cetak sangat penting bagi kemajuan bangsa ini. Termasuk pula untuk kemajuan seorang penjual donat kampoeng seperti saya. Media cetak telah memberikan aura positif terhadap donat kampung buatan saya. Adalah berawal dari keinginan Sampoerna (Dji Sam Soe) dan Radar Mojokerto membantu mengangkat UKM-IKM di Jombang. Saya dan donat kampoeng buatan saya juga akhirnya terpilih layak dimuat di berita JawaPos - Profil UKM-IKM kabupaten Jombang. Setelah dimuat di Radar Mojokerto, donat kampung buatan saya ini menjadi sangat diminati oleh semua kalangan. Termasuk diantaranya adalah para pejabat di lingkungan Muspida kabupaten Jombang.

Berlanjut pada Agustus 2007, profil DKU dimuat Jawa Pos. Isi beritanya adalah Sukses Donat Kampoeng Utami di pameran GPJ 2007. Sebanyak 5.000 donat batik buatan saya habis terjual, diserbu pengunjung dalam 3 malam pameran. Sejak itu, nama DKU menjadi sangat dikenal di kota Jombang. Bahkan diantara pelanggan, telah membawa karya-karya saya sebagai oleh-oleh khas kota Jombang. Tak lupa tabloid nasional juga mengundang saya. Pada September 2007, saya diwawancarai oleh wartawan Nakita. Dan dimuat di berita Tabloid Nakita dengan judul “Kemana Belanja Kue Lebaran?”. Sejak ini, pesanan kue kering pun banyak dari luar kota, bahkan luar pulau.


Pada Oktober 2007, saya tidak menyangka bahwa tamu yang datang adalah wartawan. Orang itu datang untuk membeli donat. Namanya Temmy E, Yustian. Sedang melakukan perjalanan dari Surabaya menuju Nganjuk. Saya menyapanya dengan mas Temmy. Saat saya tanya, Dia mengetahui DKU dari blogspot ini. Kami pun akhirnya asyik ngobrol dan nyantai. Dan sambil menikmati donat kampung dan minuman yang saya sediakan. Tak lupa sesekali kami diskusi ringan. Seputar masyarakat dan makanan khas Jombang. Setelah 2 jam, beliau pamit melanjutkan perjalanan ke Nganjuk bersama temannya. Dan tentu juga membeli donat kampung untuk oleh-oleh. Saya tidak menyangka, karena beberapa hari kemudian saya dikabari mas Temmy. Profil DKU telah dimuat di Koran Surya, kolom WarteG edisi 2 Nopember 2007. Sejak itu nama DKU semakin dekat dengan masyarakat di Jawa Timur.


Dari berita Koran Surya, saya dihubungi oleh Pak Rian, atau biasa disapa pak Hari, begitu katanya. Beliau adalah wartawan Tabloid Ritel. Saya pun tanya pada teman-teman, karena saya belum pernah mendengar tabloid ini. Saya akhirnya ikut alur saja untuk wawancara dengan Pak Rian. Sungguh diluar perkiraan saya, karena catatan perjalanan saya dan Donat Kampoeng Utami ditulis exclusive dan lengkap sebanyak 2 halaman di kolom Profil. Saya mengetahui setelah profil saya dimuat. Ternyata Tabloid Ritel adalah satu group dengan perusahaan Alfamart.


Ini kali pertama, profil lengkap saya, seorang penjual donat kampoeng online Rp 500, ditulis di media cetak nasional. Dan dapat dibaca di Tabloid Ritel Alfamart. Edisi: 005 – Desember 2007, halaman 20-21. Potongan artikel dan profil saya, bisa di klik atau dibaca online di menu Publikasi di blogspot ini. Harapan saya, semoga profil saya bisa menjadi inspirasi bagi pengusaha makanan tradisional yang lain di seluruh Indonesia.

Comments

  1. Dear mBak Utami, salam sejahtera. Senang sekali saya dapat info tentang donat dari Jombang ini. Berita dan kisah sukses Anda yang inspiratif. Semoga blognya makin menarik, dan mampu menunjang bisnis donat Anda. Semoga Jombang makin makmur dengan kreasi brilyan Anda. Sukses selalu. salam adri Wonogiri !

    ReplyDelete
  2. kalo ke WBL sekalian mau mampir aaahhh

    ReplyDelete

Post a Comment

DKUDONUTS, Best Quality of Indonesia Donuts

Popular posts from this blog

Donut Indonesia DKU Donat Rayakan Hari Ibu Nasional 22 Desember dengan Kue Tart Special

Donut Indonesia DKU Donat Rayakan Hari Ibu Nasional 22 Desember dengan Kue Tart Special . Kue Tart memperingati Hari Ibu Nasional 22 Desember 2020 lokasi terdekat Anda yaitu DkuBread KueTart Jombang . Cara Order Cake/ Donat/ Roti di kota Jombang, Jawa Timur silakan WhatsApp wa.me/6285850358188 . DKU Breadsoft Jombang Indonesia melayani cake ulang tahun (Ultah) karakter fondant siram cokelat. Harga kue mulai Rp 100 Ribu, Siap antar kota Jombang dan sekitarnya. Ribuan Foto kuer tart, donat, roti, aneka modern cake #DKU ada di Instagram IG @dkuBreadSoft dan @dkudonuts.jombang : www.instagram.com/dkubreadsoft dan www.instagram.com/dkudonuts.jombang Di Hari Ibu, donat DKU tetap menjadi favorit. Harga donat DKU terbaru di lokasi terdekat Anda. Paket donat besar dibandrol Rp 36 ribu per box isi 6 donat (1/2 lusin), atau Rp 70 ribu per 2 box isi 12 donat (1 lusin). Sedangkan harga paket donat mini Rp 30 ribu per 1 lusin. Harga 2 lusin donat DKU lebih hemat, cuma Rp 50 ribu. Info franchise w

Layak Tayang TransTV Jelang Siang, Reporter Poppy Pradana Liput Donat Kampung

Setelah berbagai media cetak dan tv nasional terus-terusan blow-up DKU, kini giliran kali kedua tembus TransTV. Donat Kampoeng Utami (DKU) di acara Jelang Siang, Rabu 18 Nopember 2009. Story tentang DKU, memang menggelitik banyak orang. Tak hanya cerita dari trotoar ke mancanegara; tetapi juga dari pena ke mata kamera . Pun akhirnya, reporter kesayangan pemirsa Jelang Siang Trans-TV, Poppy Pradana Putri  (foto:kanan) kunjungi kota Jombang, Jawa Timur, Kamis 5 Nopember 2009. Sudah lama diagendakan, kota Jombang akan menjadi obyek acara Jelang Siang Trans TV. Salah satu pilihannya jatuh pada Donat Kampoeng Utami. Ini adalah kali kedua DKU ditayangkan oleh TransTV. Kali pertama di acara Wisata Kuliner bersama Pak Bondan Mak Nyuss tahun lalu, 17 September 2008. Dalam acara jelang siang Rabu 18 Nopember 2009, story DKU dikemas tayang berdurasi 10 menit. Sungguh, ini durasi fantastis dan relative terlama sepanjang sejarah tayang DKU di televisi nasional. Ditayangkan lengkap, kisah perj

Melayani Order Tepung Premix Donat Sangat Empuk, Roti, Brownies, Muffin, Sponge Cake, Swisse Roll, Lapis Surabaya, Topping Filling Taburan Donat ke seluruh Indonesia dan Luar Negeri

Tepung Premix Donat DKU Indonesia - Kualitas Rasa Donat Premium Pasti Enak Empuk Lembut Lezat. Melayani pengiriman tepung premix donat, roti, brownies, muffin, sponge cake, swiss roll, Lapis Surabaya, Topping Donat, Filling Donat ke seluruh Indonesia dan mancanegara. Tersedia 4 macam tingkatan kualitas rasa dan kelembutan, yaitu standar, medium, premium, platinum. Juga melayani kursus aneka kue, donat, roti, cake, tart, kue kering karakter. Bisa diundang ke seluruh Indonesia dan luar negeri . DKU Cooking Class , Hubungi Rosidah Donat DKU  WA :0858-5035-8188. Harga tepung premix donat DKU :  Tepung Premix DKU DONUT ST-MIX Standar : Rp 50.000/ pack Tepung Premix DKU DONUT MD-MIX Medium : Rp 75.000/ pack Tepung Premix DKU DONUT PR-MIX Premium : Rp 100.000/ pack Tepung Premix DKU DONUT PL-MIX Platinum : Rp 200.000/ pack. (NB: Beda harga berarti beda kualitas rasa, tekstur, & kelembutan). Harga Topping & Filling Donat DKU: Gula Dusting = Rp 30.000/ kg, Selai = Rp 40.00